Penyakit Tipus

Tipus adalah penyakit yang mematikan akibat infeksi Rickettsia penyebab tipus epidemik (Rickettsia prowazekii) dan tipus endemik (rickettsia typht).

Pada dasarnya gambaran klinik antara tipus epidemik dan endemik adalah sama, hanya pada tipus endemik gejala penyakitnya lebih ringan jika dibandingkan dengan tu[ipus epidemik dan jarang berakibat fatal.

Penyakit ini disebarkan dari kotoran ke mulut dalam makanan dan air yang tercemar, dan sering dalam makanan dan air yang tercemar, dan sering timbul bentuk wabah atau epidemi, yaitu penduduk jatuh sakit secara bersamaan. Rickettsia berembang biak didalam sel endotel pembuluh darah kecil.
Sel membengkak dan nekrosis, terjadi trombosis pembuluh darah yang dapat berakibat fatal.

Jenis penyakit Tipus :

1. Tipus epidemik
Tipus epidemik disebut juga dengan louse-borne thypus, camp fever, atau jail fever disebabkan oleh Rickettsia powazeki. Pada sat ini penyakit ini relatif jarang ditemukan lagi, kebanyakan kasus hanya ditemukan di Afrika Utara. Penyakit ini ditularkan oleh kutu manusia, Pediculus vestimenti yang bersarang didalam lipatan pakaian.

2. Tipus endemik
Tipus endemik disebut juga dengan murine thypus, ras thypus, atau fleaborne thypus disebabkan oleh rickettsia typhi yang dahulunya juga disebut rickettsia mooseri.
Penyakit ini ditularkan dari tikus ke tikus dan dari tikus ke manusia oleh pinjal tikus (xenopsylla cheopsis) dan kutu tikus (polyplax spinulosa). Selain itu, kutu manusia pun dapat menularkannya.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Tipes Untuk Mengobati Penyakit Tipes, Antibiotik, Meningkatkan Kekebalan Tubuh Sekaligus Meredakan Gejala-Gejala Yang Menyertainya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Tifus and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>